Senin, 30 September 2019, Jurusan Pendidikan Nonformal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa telah resmi melaksanakan program magang mahasiswa di instansi dan lembaga yang terintegrasi dan sinergis, melalui Dosen Pembimbing Lapangan (Ahmad Fauzi) sebagai DPL, mengantarkan mahasiswa Program Latihan Profesi (PLP) dengan jumlah mahasiswa sebanyak 6 orang yang terdiri dari dua mahasiswa konsentrasi Pelatihan, dua mahasiswa konsentrasi Pendidikan dasar Berkelanjutan, dan dua mahasiswa konsentrasi Pemberdayaan Masyarakat telah resmi melaksanakan program PLP di Instansi Pusdiklat PT Krakatau Steel. Kegiatan PLP merupakan program dari kurikulum yang ada pada jurusan pendidikan nonformal yang bertujuan untuk untuk mengimplementasikan kompetensi dan keahlian mahasiswa untuk dapat berperan aktif dalam pengalaman belajar melalui kegiatan magang di lokasi instansi yang dituju, harapannya dapat membekali mahasiswa memiliki pengalaman belajar yang lebih real dalam dunia kerja dan membangun kemandirian belajar sebagai wujud implementasi dari tri dharma perguruan tinggi.


kedatangan tim PLP disambut baik dan hangat oleh perwakilan Lembaga Pusidklat Krakatau Steel yang di wakili oleh Ibu Marleta Dian Arela Selaku Supervisor dan Bapak Asrudin selaku Kadis Training Management Pusdiklat KS, dimana dalam perbincangan yang dilakukan dalam ruang pertemuan dalam momentum penerimaan mahaiswa tersebut, beliau (perwakilan instansi) berharap kedatangan mahasiswa mampu memberikan nuansa dan warna baru bagi instansi, dan dalam sambutannya beliau menyampaikan agar mahasiswa mampu beradaptasi dengan tempat atau lokasi magang saat ini. setelah pertemuan dalam momentum penerimaan tersebut, mahasiswa langsung menuju lokasi yang sudah disediakan oleh perwakilan instansi untuk dapat langsung menempati penempatan dimana mahasiswa bisa langsung kegiatan atau proses magang di lokasi tempat PLP berlangsung. 




Sekilas tentang Pusdiklat Krakatau Steel

PUSDIKLAT KRAKATAU STEEL

Pusat pendidikan dan pelatihan krakatau steel merupakan lembaga yang dibuat oleh PT Krakatau Steel untuk memberikan kompetensi tambahan kepada karyawan krakatau steel agar mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik dan benar, pemberian kompetensi untuk kenaikan tingkat, mengurangi resiko kecelakaan kerja, dan memberikan pengarahan kepada karyawan yang akan pensiun untuk kesejahteraannya setelah pensiun.
Pusat pendidikan dan pelatihan krakatau steel memiliki struktur organisasi yang diketuai oleh satu orang Direktur Utama bernama Pak Silmi Karim. Dibawah direktur utama ada yang namanya Direktorat. Didalam direktorat ini terdiri dari lima Direktorat, yaitu Direktorat Komersial, Direktorat Produksi, Direktorat Pengembangan Usaha, Direktorat Keuangan, Direktorat SDM.
Direktorat komarsial merupakan salah satu bagian yang memiliiki fungsi untuk memasarkan produk dari PT Krakatau Steel. Direktorat produksi memiliki fungsi sebagai tempat menentukan barang-barang apa saja yang akan dibuat di PT Krakatau Steel. Direktorat pengembangan usaha merupakan bagian untuk mengembangkan produk dari PT Krakatau Steel. Direktorat keuangan untuk mengatur keuangan belanja barang produksi PT Krakatau Steel.direktorat SDM merupakan bagian yang mengatur sistem yang ada di PT Krakatau Steel, merekruitmen karyawan dan mengatur penempatan karyawan PT Krakatau Steel.
Di dalam Direktorat SDM terdiri dari dua bagian yang disebut subdit (sub direktorat): 1) Subdit HCM (human capital management); 2) Scurity NGA. Di dalam Subdit HCM (human capital management) dibagi kedalam tiga divisi; 1) OD dan HCP (organizer development and human capital planning). Fungsi dari divisi OD dan HCP adalah untuk membuat organisasi, membuat prosedur, menyeleksi  dan menempatkan karyawan sesuai kompetensinya. 2) HCD dan LC (human capital development dan learning capital). Fungsi dari divisi HCD dan LC membuat pelatihan, pengembangan, rekruitmen, program. 3) HCIA (human capital indeks administration). Fungsi dai divisi ini membuat SK, baju pegawai, penggajian karyawan, absen karyawan, dan konseling karyawan.
Di dalam divisi HCD & LC terdiri dari empat Dinas dan dua Group. Di dalam empat dinas ini terdiri dari 1) Dinas HCM (human capital measurement), yang dikepalai oleh Bapak Catim memiiki fungsi menganalisis kompetensi karyawan. 2) Dinas DLA (development and learning administration), yang dikepalai oleh Bapak Suwiyardi memiliki fungsi administrasi, workshop, pelatihan dan mengatur segala kebutuhan dari pelatihan seperti menyiapkan ruang kelas, menyiapkan konsumsi dan menyiapkan ATK serta mengurus bagian informasi terkait PKL dan mengatur keuangan Pusdiklat. 3) Dinas TM (training management), yang dikepalai oleh Bapak Arsudi memiliki fungsi melakukan pelatihan sesuai dengan GEP kompetensi atau kebutuhan personil PT Krakatau Steel. Pelatihan dilakukan sesuai kebutuhan atau urgensi tes. Data karyawan yang akan mengikuti pelatihan diperoleh dari Divisi OD&HCP. Di Dinas TM juga membuat program sesuai dengan kebutuhan perusahaan seperti program seminar. 4) Dinas KM (knowledge management), yang dikepalai oleh Bapak Mulyana memiliki fungsi membuat program MPP (masa persiapan pensiun) dan membuat E-learning (tetapi tidk berjalan). MPP dilakukan selama tiga bulan. Selama tiga bulan karyawan akan dibekali materi seperti mental succing, management keuangan, dansharing knowledge.
Didalam Divisi HCD&LC terdapat dua Group, yaitu 1) Group HCD dan 2) Group Instruktur. 1) Group HCD memiliki fungsi promosi, mutasi dan penugasan serta pelatihan (pelatihan eksternal, pelatihan internal dan pelatihan inhouse). 2) Group Instruktur memiliki fungsi menyiapkan tim profesional atau tim ahli yang akan mengkoordinir setiap pemateri pelatihan.




Lampiran Peserta PLP di Pusdiklat KS







Posting Komentar

 
Top